Hidayatul, Mufidah (2024) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM AMINAH BLITAR. Repository STIKes Patria Husada Blitar.
Text
HIDAYATUL MUFIDAH.pdf Download (169kB) |
Abstract
Kepuasan pasien menjadi hal yang sangat penting untuk rumah sakit, karena dengan kualitas layanan tersebut akan memberikan pertimbangan pasien untuk datang kembali atau tidak ke rumah sakit tersebut. Ketidakpuasan pelayanan kesehatan yang diterima pasien akan menimbulkan konflik dalam diri pasien dan keluarganya, sehingga seringkali pasien mengadukan ketidakpuasannya kepada media massa baik cetak maupun elektronik, bahkan ada yang sampai ke meja pengadilan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan prosedur pelayanan, pelayanan SDM, pelayanan farmasi dan sarana prasarana terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Islam Aminah Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam Aminah Blitar selama satu hari sebanyak 150 pasien, teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dan ditemukan 130 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien terhadap pelayanan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Aminah Blitar sebanyak 75 responden (57,7%) masuk kategori sangat memuaskan terhadap pelayanan dan sebanyak 55 responden (42,3%) memuaskan terhadap pelayanan yang diberikan. Analisa data dengan uji korelasi menggunakan resgresi linear berganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel dependen antara lain responsive,reliability, assurance, empathy, tangible dan Independen antara lain prosedur pelayanan,pelayanan sumber daya manusia , pelayanan farmasi, sarana prasarana ditandai dengan nilai signifikansi yang di dapatkan yaitu <0.05. Diharapkan rumah sakit lebih meningkatkan pelayanan yang diberikan baik dari segi pelayanan oleh tenaga medis maupun kelengkapan sarana prasana yang dimiliki terutama untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi waktu pelayanan sehingga kepuasan dalam menerima pelayanan dapat dicapai oleh pasien rawat jalan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Nursing |
Divisions: | Faculty of Nursing > Manuscript Nursing Students |
Depositing User: | FRISCO TALISTI |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:46 |
URI: | http://repository.phb.ac.id/id/eprint/1208 |
Actions (login required)
View Item |