Hubungan Adiksi Bermain Gadget Pada Anak Pra-Sekolah Dengan Tingkat Emosional Anak

Rozhabbi Dwi, Cahyono (2024) Hubungan Adiksi Bermain Gadget Pada Anak Pra-Sekolah Dengan Tingkat Emosional Anak. Repository STIKes Patria Husada Blitar.

[img] Text
Manuskrip Atas Nama Rozhabbi Dwi Cahyono.docx.pdf

Download (291kB)

Abstract

Masalah perkembangan emosional tidak optimal pada anak pra-sekolah ditandai dengan emosi yang tidak stabil dan penuh gejolak, dengan faktor tidak percaya diri, tidak mau bersosialisasi dengan teman sebaya. Salah satu faktor penyebab masalah emosional ini adalah kecanduan gadget. Gadget jika penggunaannya sesuai maka akan berdampak positif dengan kecanggihan sumber perangkat untuk mempermudah anak mengasah kreativitas dan kecerdasan anak. Dampak negatif penggunaan gadget pada anak yaitu mengganggu kesehatan, dapat mengganggu perkembangan anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan adiksi bermain gadget pada anak pra-sekolah dengan tingkat emosional anak di TKN Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar.Desain penelitian adalah Cross Sectional. Populasi sejumlah 45 orang tua. Pengambilan sampel menggunakan teknik total populasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner adiksi bermain gadget dan tingkat emosional anak. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18-20 Maret 2024. Hasil penelitian diketahui 1 responden (2,2%) adiksi ringan, 44 responden (97,8%) adiksi sedang. 1 responden (2,2%) tingkat emosional abnormal, 7 responden (15,6%) tingkat emosional normal, dan 37 responden (82,2%) tingkat emosional borderline. Hasil analisis statistik menggunakan uji Spearmen Rank Test didapatkan nilai p = 0,026 < α = 0,05 yang berarti ada hubungan adiksi bermain gadget pada anak pra-sekolah dengan tingkat emosional anak dengan nilai korelasi sebesar 0,332 yang berarti mempunyai kekuatan hubungan moderat antara dua variabel pada TKN Pembina Kepanjenkidul. Orang tua agar lebih bijak dalam menerapkan aturan penggunaan gadget di rumah dan melakukan pendampingan pada saat anak bermain gadget, serta memberikan role model yang tepat dalam penggunaan gadget.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Adiksi Gadget, Anak Pra-Sekolah, Tingkat Emosional
Subjects: Nursing
Divisions: Faculty of Nursing > Manuscript Nursing Students
Depositing User: FRISCO TALISTI
Date Deposited: 18 Oct 2024 01:47
Last Modified: 18 Oct 2024 01:47
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item View Item