Gambaran Pengetahuan Kader Kesehatan Jiwa Tentang TAK Stimulasi Persepsi Mengontrol Halusinasi Di Wilayah UPTD Puskesmas Sukorejo Kota Blitar

Ulum, M. Miftachul and Nugroho, Setiyo (2017) Gambaran Pengetahuan Kader Kesehatan Jiwa Tentang TAK Stimulasi Persepsi Mengontrol Halusinasi Di Wilayah UPTD Puskesmas Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 4 (3). pp. 211-217. ISSN 2355-052X

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Masalah kesehatan jiwa akan menyebabkan penderitaan berkepanjangan baik bagi individu, keluarga maupun masyarakat. Fenomena mental disorder atau gangguan jiwa terus meningkat secara signifikan. Pendekatanmanajemenpelayanan kesehatan jiwa berbasis komunitas (CMHN) ini salah satunya dengan pemberdayaan masyarakatmelaluikader kesehatan. Tujuan penelitian mengetahui pengetahuan kader kesehatan jiwa tentang TAKstimulasi persepsi mengontrol halusinasi di Wiayah UPTD Puskesmas Sukorejo Kota Blitar.Desain penelitian adalah deskriptif. Populasi penelitian seluruh kader kesehatan jiwa.Sampel penelitian sejumlah 29 kader dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesionerHasil penelitian sebagian besar 52% memiliki pengetahuan kurang, 41% memiliki pengetahuan cukup, 7% memiliki pengetahuan baik.hal ini dikarenakan kader kurang mengetahui kegiatan TAK stimulasi persepsi mengontrol halusinasi,juga belum tahu tujuan mengontrol halusinasi dengan menyusun jadwal kegiatan.kader juga belum mampu mengaplikasikan TAK stimulasi persepsi mengontrol halusinasi pada sesi 2 dengan menghardik, melakukan kegiatan sesi 3, dan mengaplikasikan tahap kerja pada sesi 5,diharapkan Dinas Kesehatan atau Puskesmas untuk terus memberikan pelatihan dan pendidikan maupun kegiatan studi kasus sehingga pengetahuan kader akan menjadi lebih baik.

Item Type: Article
Subjects: ?? R1 ??
Divisions: ?? v4n3 ??
Depositing User: Yohanes Kurniawan
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:14
Last Modified: 09 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item