PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP MOTIVASI WANITA USIA SUBUR MENGGUNAKAN ALAT KONTRASEPSI IUD DI POLINDES KUNINGANKECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR

Fitrianingrum, Ayu (2016) PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP MOTIVASI WANITA USIA SUBUR MENGGUNAKAN ALAT KONTRASEPSI IUD DI POLINDES KUNINGANKECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR. Diploma thesis, STIKes Patria Husada Blitar.

[img]
Preview
Text
KARYA TULIS ILMIAH ( full text ).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keluarga Berencana merupakan program yang dicanangkan pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat. Dari 102 jumlah wanita usia subur, yang menjadi akseptor IUD sebanyak 25 orang. Kurangnya pengetahuan terhadap efek samping dan penanganan IUD menimbulkan rasa cemas untuk memilih IUD, sehingga jumlah akseptor IUD sedikit. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah Quasy – eksperimental desaign dengan metode pendekatan nonequivalent time sampel desaign. Sampel terdiri dari 25 responden yang di pilih dengan teknik purposive sampling. Data didapatkan dengan mengkaji motivasi wanita usia subur sebelum dilakukan penyuluhan, kemudian melakukan penyuluhan, dan mengkaji motivasi wanita usia subur setelah dilakukan penyuluhan. Penelitian ini menggunakan Uji statistik wilcoxon sign rank test dan di bantu menggunakan SPSS For windows. Hasil penelitian didapatkan bahwa motivasi sebelum penyuluhan 4% kuat, 84% sedang dan 12% lemah. Setelah dilakukan penyuluhan motivasi menjadi 84% kuat, 12% sedang dan 4% lemah. Berdasarkan hasil analisa menggunakan uji statistik wilcoxon sign rank test didapatkan p value = 0,000, sehingga p value = 0,000 < α = 0,05 sehingga penyuluhan yang dilakukan mempengaruhi motivasi wanita usia subur menggunakan alat kontrasepsi IUD. Dari hasil tersebut diharapkan masyarakat terutama wanita usia subur lebih meningkatkan pengetahuan tentang IUD agar motivasi menggunakan IUD menjadi kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Midwifery > Thesis Midwifery Students
Depositing User: Yohanes Kurniawan
Date Deposited: 06 Mar 2018 08:04
Last Modified: 06 Mar 2018 08:04
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item