PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP SIKAP IBU HAMIL TRIMESTER IIIUNTUK PERAWATAN PAYUDARA DI BPM MUSRINGAH DESA SIRAMAN KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN BLITAR

Dewi, Alit Kristina (2015) PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP SIKAP IBU HAMIL TRIMESTER IIIUNTUK PERAWATAN PAYUDARA DI BPM MUSRINGAH DESA SIRAMAN KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN BLITAR. Diploma thesis, STIKes Patria Husada Blitar.

[img]
Preview
Text
KTI - ALIT KRISTINA DEWI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dewi,Kristina,Alit.2015.Pengaruh Penyuluhan Terhadap sikap ibu hamil TM 3 Untuk Perawatan Payudara Di Desa Siraman, Karya Tulis Ilmiah, Program studi diploma III Kebidanan Blitar, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Patria Husada Blitar. Pembimbing utama : Nevy Norma R.S,ST.,M.Kes. Pembimbing pendamping : Wahyu Wibisono.S,S.,M.Pd. Penyebab terjadinya gizi yang kurang maupun gizi buruk pada bayi dan balita dikarenakan pemberian ASI yang seharusnya eksklusif sampai 6 bulan kurang terpenuhi, berdasarkan survey yang dilakukan penelitididapatkan 5 Ibu post partum dimana jumlah tersebut hanya 1 bayi yang diberikan ASI oleh ibunya, dan 4 bayi diberikan Sufor dengan alasan ASI ibu masih belum keluar atau ASI sudah keluar tapi sedikit. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Postestdesign. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil dengan usia kehamilan 36-40 minggu di BPM Musringah Desa Siraman Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Teknik sampling yang digunakan adalah total sempling.Uji statistic ini menggunakan McNemar Test dan dibantu menggunakan SPSS for window. Hasil penelitian didapatkan bahwa 31% responden menunjukkan sikap negatif dalam perawatan payudara sebelum dilakukan penyuluhan perawatan payudara, dan menjadi 100% responden menunjukan sikap positif dalam perawatan payudara setelah dilakukan penyuluhan perawatan payudara. Ada perubahan sikap responden dari sikap negative menjadi sikap positif sebanyak 100%. Berdasarkan uji statistik McNemar Test didapatkan nilai sign = 0,042. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penyuluhan perawatan payudara terhadap sikap ibu hamil trimester 3 untuk persiapan menyusui di BPM Musringah Desa Siraman Kecamatan Kesamben Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Midwifery > Thesis Midwifery Students
Depositing User: Yohanes Kurniawan
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:50
Last Modified: 06 Mar 2018 08:06
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item