Yustiana, Sri (2015) PENGARUH KONSELING KB TERHADAP MINAT IBU UNTUK BER KB DI DUSUN KRISIK, DESA KRISIK, KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR. Diploma thesis, STIKes Patria Husada Blitar.
|
Text
KTI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Sekarang ini masih banyak PUS yang masih belum berminat untuk ber KB, alasan utama tidak ber-KB yang paling dominan adalah takut efek samping, berikutnya adalah alasan merasa sudah tidak subur dan baru melahirkan. Keadaan ini memerlukan kegiatan konseling KB yang intensif kepada sasaran tersebut, agar mereka bersedia segera ber-KB. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah pengaruh konseling KB terhadap minat Ibu untuk ber KB Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang tidak ber KB yaitu sebanyak 125 orang. Sampel sebanyak 27 responden. Diambil dengan menggunakan tehnik Purposive Sample Pengambilan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan tehnik prosentase. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan secara umum minat ibu sebelum diberikan konseling KB lebih dari separuh ibu peminat KB berminat rendah terhadap KB yaitu 14 (51,9%) sedangkan setelah diberikan konseling KB adalah sebagian besar berminat tinggi untuk ber KB yaitu 19 (70,4%) dari 27 ibu peminat KB.. Analisa: Informasi tentang alasan tidak ber-KB digunakan sebagai bahan masukan untuk kegiatan intervensi yaitu konseling KB. Konseling KB sangat berpengaruh untuk menimbulkan minat ibu untuk ber KB. Simpulan: Dengan konseling KB dapat menambah pengetahuan ibu tentang KB, selain itu juga ibu-ibu tidak malu untuk mengungkapkan keluhan serta masalahnya sehingga ibu mengerti dan berminat untuk KB. Kata kunci: Konseling KB, Minat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? R1 ?? |
Divisions: | Faculty of Nursing > Thesis Nursing Students |
Depositing User: | Perpus PHB |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 02:11 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 02:11 |
URI: | http://repository.phb.ac.id/id/eprint/286 |
Actions (login required)
View Item |