HUBUNGAN PENGETAHUAN CARA MENYUSUI YANG BENAR TERHADAP SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN ASI DI DESA JIWUT KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR

Astri, Dewi Novita (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN CARA MENYUSUI YANG BENAR TERHADAP SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN ASI DI DESA JIWUT KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR. Diploma thesis, STIKes Patria Husada Blitar.

[img]
Preview
Text
KTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewi,Novita Astri . 2016. Hubungan Pengetahuan Cara Menyusui Yang Benar Terhadap Sikap Ibu Dalam Pemberian ASI Di Desa Jiwut Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Karya Tulis Ilmiah, Program Studi Diploma III Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Patria Husada Blitar. Pembimbing Utama: Wahyu Wibisono S.S,M.Pd ,Pembimbing Pendamping :Intin Ananingsih S.ST,M.Keb Salah satu faktor yang yang memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas manusia adalah pemberian air susu ibu (ASI). ASI adalah makanan bayi paling penting terutamabulan-bulan pertama kehidupan .ASI merupakan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan bayi.Manfaat pemberian ASI eksklusif adalah dapat meningkatkan kecerdasan dan perkembangan otak bayi karena mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan bayi seperti DHA,AA dan laktosa yang berfungsi untuk merangsang perkembangan sel saraf pada bayi, meningkatkan kekebalan tubuh bayi serta membantu melindungi dari berbagai penyakit dan infeksi agar tidak mudah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang cara menyusui yang benar terhadap sikap ibu dalam pemberian ASI . Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional .Pengambilan sampel dengan tehnik Total sampling, dengan jumlah responden ibu menyusui Di DesaJiwut padabulan agustus 2016 sebanyak 19 responden. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Data dianalisadengan uji statistic chisquaredengan tingkat kesalahan 0,05. Hasil penelitian terhadap19 responden menunjukkan pengetahuan baik sebesar 63,2%, Pengetahuan cukup 31,6%,dan pengetahuan kurang sebesar 5,3%. Sedangkan sikap menyusui yang positif adalah 68,4% yang negative adalah 31,6%, dengan menggunakan uji statistic chisquare di dapatkan p value = 0,04 < α = 0,05 yang berarti ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang cara menyusui yang benar dengan sikap menyusui. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu meningkatkan pengetahuan tentang cara menyusui yang benar sehingga sikap menyusui menjadi negative terutamabagi ibu yang berpendidikan rendah karena mereka masih awam tentang bagaimanacara menyusui yang benar .Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian kembali dengan melakukan pengamatan secara langsung sehingga bisa lebih valid. Kata kunci ; pengetahuan ,sikap, cara menyusui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Nursing > Thesis Nursing Student
Depositing User: Perpus PHB
Date Deposited: 12 Mar 2018 08:00
Last Modified: 12 Mar 2018 08:00
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item