PENGARUH TERAPI ABA (Applied Behaviour Analysis) TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF PADA ANAK AUTIS USIA 3-6 TAHUN

Revita, Silvi Nanda (2014) PENGARUH TERAPI ABA (Applied Behaviour Analysis) TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF PADA ANAK AUTIS USIA 3-6 TAHUN. Diploma thesis, STIKes Patria Husada Blitar.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SILVI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Gangguan perkembangan bahasa reseptif pada anak autis disebabkan oleh kelainan neuroanatomi pada otak. Gangguan perkembangan ini memerlukan penanganan agar kemampuan bahasa reseptifnya meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Terapi ABA terhadap kemampuan bahasa reseptif pada anak autis usia 3-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan pra-experimental dengan one group pre- post test design. Lokasi penelitian di Tempat pelatihan Anak Berkebutuhan Khusus Wishing Kids Kota Blitar. Populasi sebanyak 17 anak autis dengan teknik purposive sampling di dapatkan 7 sampel anak autis yang mengalami gangguan kemampuan bahasa reseptif. Terapi ABA di berikan 5 kali dalam seminggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan terapi ABA sebagian besar (7 responden) masih perlu diprompt untuk melakukan instruksi. Sesudah diberikan terapi ABA terjadi peningkatan kemampuan bahasa reseptif dengan nilai A pada aktivitas duduk, berdiri, dan toss. Uji Wilcoxon Sign Rank Test pada pre test dan post test menunjukkan perubahan yang bermakna pada aktivitas bye-bye, tepuk tangan, berputar, lompat, dengan nilai (p= 0,046). Terapi ABA pada anak autis merupakan salah satu terapi perilaku yang fokus pada pemberian reinforcement positif ketika anak berespon benar. Dengan penerapan metode ABA anak termotivasi untuk merespon instruksi yang diberikan. Terapi ini memiliki prinsip yang terukur, terarah, dan sistematis. Kata kunci : kemampuan bahasa reseptif, autis, Terapi ABA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? R1 ??
Depositing User: Perpus PHB
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:30
Last Modified: 14 Mar 2018 01:30
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item