PENGARUH FAMILY PSIKOEDUKASI TERHADAP PENINGKATAN SELF CARE DALAM MERAWAT ANAK THALASEMIA

Ulfa, Ana Farida and Hasyim, Masruroh (2018) PENGARUH FAMILY PSIKOEDUKASI TERHADAP PENINGKATAN SELF CARE DALAM MERAWAT ANAK THALASEMIA. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5 (1). 053-057. ISSN 2355-052X

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Thalasemia adalah penyakit kronis yang mengarah pada beberapa masalah, yang melibatkan aspek biologis, psikologis, sosial dan spiritual. Pengasuh memainkan peran penting untuk mengadvokasi keluarga. Sementara itu, keluarga bertindak sebagai pengambil keputusan untuk menjaga kesehatan anggota keluarga. Selain itu, mereka harus mempertahankan anggota mereka, dalam hal perawatan diri. Selanjutnya mengenai peran keluarga dalam menjaga kesehatan para anggota. Penelitian ini menggunakan desain pre- eksperimental dan desain one group pretest-posttest. Populasinya adalah keluarga dengan anak thalas- semic di RSUD Daerah Jombang. Jumlah total sampling adalah 14 keluarga. Intervensi keluarga psiko- pendidikan diberikan dalam lima sesi. Sesi pertama adalah pertemuan dengan keluarga yang anaknya menderita thalassemia. Sementara itu, sesi keempat dan kelima digunakan untuk mengunjungi keluarga. Selanjutnya, intervensi diberikan dalam satu atau dua minggu setelah kunjungan. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan perawatan diri keluarga yang diukur oleh keluarga APGAR. Oleh karena itu, dapat direkomendasikan bahwa intervensi keluarga Psiko-pendidikan adalah salah satu intervensi yang digunakan untuk mencari anak-anak dengan thalasemia kronis. Kata kunci: Intervensi keluarga psiko-pendidikan, perawatan diri keluarga

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Nursing > Journal of Ners and Midwifery > Vol 5 Num 1
Depositing User: Yohanes Kurniawan
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:06
Last Modified: 26 Jul 2018 07:06
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item