Aplikasi pendidikan kesehatan dengan metode OMT (Outbond Management Training) terhadap sikap dan perilaku merokok anggota club motor PSFRB (Putra Sogok Family Racing Blitar)

Darmawan, Andri (2019) Aplikasi pendidikan kesehatan dengan metode OMT (Outbond Management Training) terhadap sikap dan perilaku merokok anggota club motor PSFRB (Putra Sogok Family Racing Blitar). Masters thesis, STIKes Patria Husada Blitar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (170kB) | Preview

Abstract

Perilaku merokok adalah sesuatu yang fenomenal, meskipun sudah di ketahui dampak negatif yang disebabkan oleh rokok, tapi jumlah perokok bukannya menurun malah semakin bertambah. Untuk mengurangi perilaku merokok yang dapat diberikan kepada klub motor dengan pendidikan kesehatan metode OMT (Outbond Management Training). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode omt (outbond management training) terhadap sikap dan perilaku merokok anggota club motor PSFRB (putra sogok family racing blitar). Desain yang digunakan adalah Quasy Eksperimen ( one group pre-post test design ). Jumlah populasi sebanyak 25 dengan tekhnik sampling purposive sampling dan didapatkan 16 sampel. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 april–7 mei 2017 dibengkel Putra Sogok Blitar. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner sikap dan perilaku terhadap merokok. Dalam menganalisis data menggunakan uji paired sample test, dan pada sikap mendapatkan hasil p=0,000 dan perilaku p=0,007 hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan metode OMT. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada tenaga kesehatan dan institusi bahwa adanya inovasi baru terhadap pendidikan kesehatan dengan metode OMT, sehingga tidak hanya memberikan penyuluhan dan leaflet yang sifatnya membosankan. Kata kunci : klub motor, sikap dan perilaku merokok, OMT (Outbond Management Training).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? R1 ??
Divisions: Faculty of Nursing > Thesis Nursing Student
Depositing User: Yohanes Kurniawan
Date Deposited: 01 Feb 2019 01:33
Last Modified: 01 Feb 2019 01:33
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item