Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Audio Visual Aids (AVA) tentang Healthcare Associated Infection (HAIS) terhadap Kepatuhan Cuci Tangan 6 Langkah Moment Pertama pada Keluarga Pasien di Ruang Anak

Amalya, Muhammad Rifqi (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Audio Visual Aids (AVA) tentang Healthcare Associated Infection (HAIS) terhadap Kepatuhan Cuci Tangan 6 Langkah Moment Pertama pada Keluarga Pasien di Ruang Anak. Masters thesis, STIKes Patria Husada Blitar.

[img] Text
Manuscript.doc

Download (162kB)

Abstract

Rumah Sakit merupakan tempat yang beresiko tinggi terjadinya Healthcare Associated Infection (HAIs). Salah satu cara mengatasinya adalah membiasakan cuci tangan 6 langkah khususnya bagi keluarga pasien yang setiap hari kontak dengan pasien.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Audio Visual Aids (AVA) tentang Healthcare Associated Infection (HAIs) terhadap kepatuhan cuci tangan 6 langkah moment pertama pada keluarga pasien di Ruang anak. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental populasi berjumlah 60 orang. Sampel diambil menggunakan tehnik consecutive dengan responden sebanyak 38 orang. Variabel penelitianya pendidikan kesehatan dengan metode AVA dan kepatuhan cuci tangan. Analisa data dengan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata kepatuhan cuci tangan 6 langkah sebelum penyuluhan 0,342 dan setelah penyuluhan 1,00, dari hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh ρ = 0,001, artinya bahwa ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan dengan metode AVA Terhadap Kepatuhan Cuci Tangan 6 langkah keluarga pasien di Ruang Anak. Hasil penelitian menunjukan perubahan kepatuan keluarga pasien setelah diberikan pendidikan kesehatan. Sehingga dalam upaya peningkatan kepatuhan diperlukan pengetahuan, keterampilan, motivasi, pembiasaan dalam melakukan cuci tangan pada setiap tindakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Nursing > Thesis Nursing Student
Depositing User: Yohanes Kurniawan
Date Deposited: 24 May 2019 05:04
Last Modified: 24 May 2019 05:06
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item