Pengaruh Pemberian Aromaterapi Peppermint terhadap Nausea pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea dengan Anestesi Spinal

Hayati, Fitri Kurnia (2019) Pengaruh Pemberian Aromaterapi Peppermint terhadap Nausea pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea dengan Anestesi Spinal. Masters thesis, STIKes Patria Husada Blitar.

[img]
Preview
Text (Full Text)
JURNAL FITRI PDF.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penggunaan anestesi spinal yang besar pada operasi sectio caesarea tidak menutup kemungkinan adanya komplikasi. Salah satu komplikasi dari anestesi spinal adalah Post Operative Nausea and Vomiting (PONV). Penatalaksanaan dari komplikasi tersebut meliputi terapi farmakologi dan terapi komplementer. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian aromaterapi peppermint terhadap nausea pada pasien post operasi sectio caesarea dengan anestesi spinal. Desain penelitian adalah Pra-eksperimen dengan pendekatan one grup pretest postest design. Sampel dalam peneltian ini adalah 7 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dengan alat ukur Visual Analog Scale (VAS). Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan p-value 0,014 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada pemberian aromaterapi peppermint terhadap nausea pada pasien post operasi sectio caesarea dengan anestesi spinal. Aromaterapi peppermint dalam penelitian ini menunjukkan pengaruh terhadap nausea, hal tersebut dapat digunakan sebagai terapi komplementer untuk menurunkan nausea pada pasien post operasi sectio caesarea. Saran bagi Rumah Sakit, hasil penelitian dapat diaplikasikan sebagai inovasi dalam penatalaksanaan kasus nausea.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aromaterapi Peppermint, Nausea, Sectio Caesarea, Anestesi Spinal
Subjects: ?? R1 ??
Divisions: Faculty of Nursing > Thesis Nursing Student
Depositing User: Yohanes Kurniawan
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:07
Last Modified: 25 Oct 2019 03:07
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item