Ariani, Tutu April (2019) Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Blok Keperawatan Jiwa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Materi Terapi Modalitas Keperawatan Jiwa. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 6 (1). 084-092. ISSN 2355-052X
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang dipandang akomodatif bagi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa maupun aktivitas belajar, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Tipe-tipe pembelajaran kooperatif diantaranya adalah Metode STAD (Student Teams- Achievement Divisions). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Se- mester III Prodi S1 Keperawatan FIKES Universitas Muhammadiyah Malang, Kelas A. Kondisi lain yang terikat bahwa latar belakang mereka cukup beragam,mereka terdiri dari beragam suku, tempat asal, sehingga secara keseluruhan Semester III relatif cukup heterogen. Pengamatan dari ceklist merupakan data utama yang mengamati aspek: bekerjasama, menyampaikan gagasan, bertanya, memperhatikan pertanyaan teman, menanggapi, mampu mngerti secara mendalam tentang materi, berperan aktif dalam kelompok, dapat menjadi penengah, menjelaskan, menarik kesimpulan materi. Penelitian tindakan memiliki 4 tahapan yaitu: planning, doing action, observation dan reflection, yang berjalan melalui 2 siklus/ putaran (setiap putaran dilakukan 2 kali pertemuan). Tahap terakhir dari proses ini adalah: Reflection. Hasil dari observasi diorganisir dan dianalisis. Tahap ini dapat digunakan oleh instruktur untuk memberikan umpan balik berdasar hasil pengamatan. Berikutnya didiskusikan tindakan yang sudah sesuai untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa di mata kuliah Keperawatan Kesehatan Jiwa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ?? R1 ?? |
Divisions: | ?? v6i1 ?? |
Depositing User: | FRISCO TALISTI |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 08:12 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 08:12 |
URI: | http://repository.phb.ac.id/id/eprint/551 |
Actions (login required)
View Item |