Anggraini, Nita Aprilia Yudi (2016) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI MI DARUSALAM PAKUNDEN BLITAR. Other thesis, STIKes Patria Husada Blitar.
|
Text
JURNAL NITA.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Sebagian besar orang berpendapat bahwa untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi diperlukan kecerdasan intelektual yang tinggi pula. Namun berdasarkan hasil penelitian ahli psikologi, kecerdasan emosi memiliki peranan yang tidak kalah penting dalam memperoleh prestasi belajar yang tinggi, dimana emosi seorang siswa terutama siswa usia Sekolah Dasar (SD) umumnya sangat dipengaruhi oleh faktor bawaan dan faktor lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Darussalam. Penelitian menggunakan desain Cross Sectional, dilakukan di MI Darussalam Pakunden Kota Blitar pada tanggal 24-25 Mei 2016. Sampel terdiri dari semua siswa kelas V dengan jumlah sampel 33 siswa dengan teknik total sampling metode pengumpulan data menggunakan hasil nilai rapor semester ganjil dan kuesioner kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa baik sebanyak 24 siswa (72,7%), tingkat kecerdasan emosional rata-rata tinggi sebanyak 30 siswa (90,9%). Dari hasil uji statistic spearman rho didapatkan hasilr 0,570, p < 0,05 yang berarti tidak ada hubungan antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk semua pihak baik orang tua, guru, dan lingkungan sekitar terus membimbing siswa dalam memperoleh prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa. Kata kunci : prestasi belajar, kecerdasan emosional
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Nursing > Education in Nursing |
Divisions: | Faculty of Nursing > Thesis Nursing Students |
Depositing User: | Perpus PHB |
Date Deposited: | 07 Mar 2018 04:21 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 13:58 |
URI: | http://repository.phb.ac.id/id/eprint/245 |
Actions (login required)
View Item |