Pengaruh Pemberian Rebusan Kayu Manis terhadap Nyeri Luka Jahitan pada Ibu Nifas di BPM Sri Wahyuni Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar

Nika, Nofa Fero (2019) Pengaruh Pemberian Rebusan Kayu Manis terhadap Nyeri Luka Jahitan pada Ibu Nifas di BPM Sri Wahyuni Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Masters thesis, STIKes Patria Husada Blitar.

[img]
Preview
Text
KTI Nofa 2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nyeri luka jahitan merupakan keadaan yang normal terjadi pada ibu nifas yang dilakukan tindakan penjahitan. Ada beberapa metode yang dapat mengurangi nyeri luka jahitan, yaitu dengan obat farmakologi dan obat herbal, misalnya kayu manis. Kayu manis mengandung senyawa eugenol yang bersifat analgesik sehingga mampu mengurangi nyeri luka jahitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian rebusan kayu manis terhadap nyeri luka jahitan di BPM Sri Wahyuni Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Metode penelitian ini adalah design pre-eksperimental, dengan pendekatan one group pre-post test design. Populasi penelitian ini 23 orang, tehnik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel penelitian ini adalah 10 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dan lembar observasi NRS (Numeric Rating Scale). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian sebelum perlakuan didapat 80% responden mengalami nyeri luka jahitan sedang, dan 20% responden mengalami nyeri luka jahitan berat terkontrol. Sesudah perlakuan didapat 80% responden tidak mengalami nyeri luka jahitan dan 20% responden mengalami nyeri luka jahitan ringan. Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan p value 0,005 dimana <0,05 yang berarti terdapat pengaruh pemberian kayu manis terhadap nyeri luka jahitan pada ibu nifas. Untuk tenaga kesehatan diharapkan lebih kreatif dalam penanganan nyeri luka jahitan pada ibu nifas terutama menggunakan obat herbal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nyeri Luka Jahitan, Ibu Nifas, Kayu Manis
Subjects: ?? R1 ??
Divisions: Faculty of Midwifery > Thesis Midwifery Students
Depositing User: Yohanes Kurniawan
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:37
Last Modified: 25 Oct 2019 06:37
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item