Hubungan Dukungan Keluarga terhadap Keberhasilan ASI Eksklusif pada Bayi Usia 0-6 Bulan di BPM Nihayatur Rokhmah Kuningan Kabupaten Blitar

Novena, Kiki (2019) Hubungan Dukungan Keluarga terhadap Keberhasilan ASI Eksklusif pada Bayi Usia 0-6 Bulan di BPM Nihayatur Rokhmah Kuningan Kabupaten Blitar. Masters thesis, STIKes Patria Husada Blitar.

[img]
Preview
Text (Full Text)
JURNAL HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEBERHASILAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 0.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Satu faktor yang memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas manusia adalah pemberian ASI. Pemberian ASI merupakan kegiatan penting dalam pemeliharaan anak dan persiapan generasi penerus dimasa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap keberhasilan ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan di BPM Nihayatur Rohmah Kuningan Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah ibu yang menyusui bayinya pada usia 0-6 bulan di BPM Nihayatur Rohmah Kuningan Kabupaten Blitar. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 25 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah Uji Man Whitney. Berdasarkan hasil pengetahuan diketahui hasil ibu dengan dukungan keluarga baik dengan keberhasilan ASI Eksklusif baik sebanyak 64% (16 responden). Ibu dengan dukungan keluarga cukup dengan keberhasilan ASI Eksklusif cukup sebanyak 20% (5 responden). Hasil uji Man Whitney menunjukkan nilai p value = 0,0000, sehingga nilai p value 0,0000 < 0,05 atau signifikan artinya adanya hubungan dukungan keluarga terhadap keberhasilan ASI Eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan di BPM Nihayatur Rokhmah Kuningan Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada tempat penelitian lebih meningkatkan kegiatan berupa program yang berhubungan dengan keberhasilan ASI Eksklusif seperti penyuluhan dan konseling tentang manfaat ASI Eksklusif dan pentingnya ASI Eksklusif pada ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, ASI Eksklusif, Bayi Usia 0-6 Bulan
Subjects: ?? R1 ??
Divisions: Faculty of Nursing > Thesis Nursing Student
Depositing User: Yohanes Kurniawan
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:21
Last Modified: 25 Oct 2019 03:21
URI: http://repository.phb.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item